Berikut Inilah 5 Jenis Parenting Style!

Orang tua merupakan salah satu faktor terbesar bagi seorang anak yang sangat mempengaruhi kehidupannya. Sudah menjadi tugas dan kewajiban orang tua untuk bisa mendidik, mengasuh, serta mendidik anaknya.

Karena itu, orang tua pun harus memiliki teknik parenting yang bisa bekerja bagi kedua belah pihak yang dimana bisa menjaga anaknya sekaligus sebagai pekerja ataupun ibu rumah tangga.

Nah, bagi para orang tua, yuk simak berikut untuk mengetahui pentingnya parenting dan jenis-jenisnya, simak!

1. Authoritarian Parenting

Authoritarian parenting memiliki gaya asuh yang otoriter, yang dimana pada gaya asuh yang satu ini sudah banyak diterapkan oleh orang tua dan tetap berfokus pada pemikiran bahwa ‘orang tua selalu benar’.

Biasanya, orang tua yang mempunyai gaya parenting yang satu ini akan selalu berpikiran bahwa semua aturan dan perintah orang tua adalah mutlak dan harus dipatuhi serta tidak mau mendengarkan pendapat sang anak.

Gaya asuh otoriter yang seperti ini bisa berdampak buruk kepada anak, yang dimana anak yang tumbuh besar bisa memiliki masalah harga diri akibat pendapat mereka tidak pernah didengarkan oleh orang tuanya.

Tak hanya itu, gaya asuh ini juga bisa menumbuhkan kepribadian agresif dan menimbulkan kebiasaan berbohong pada anak agar ia terbebas dari hukuman orang tuanya.

2. Authoritative Parenting

Authoritative Parenting berbeda dengan Authoritarian Parenting, yang dimana gaya asuh satu ini lebih berfokus pada membangun lingkungan yang positif agar anak dan orang tua bisa tetap memberikan aturan sambil mendengarkan pendapat sang anak juga.

Gaya parenting yang satu ini cukup baik, karena hal ini dilakukan agar sang anak bisa berkembang lebih baik dan bisa mengutarakan pendapat serta mengekspresikan diri mereka di hadapan orang tua maupun dunia luar.

Orang tua yang mempunyai gaya asuh seperti ini akan mendisiplinkan anak dengan cara memberikan hadiah sebagai penghargaan.

3. Permissive Parenting

Gaya asuh yang satu ini bisa dibilang bebas, karena orang tua memberikan anaknya melakukan apapun yang mereka mau.

Orang tua yang selalu berpikiran bahwa apapun yang mereka lakukan adalah perilaku anak kecil dan dianggap wajar, seperti slogan yang biasanya kita dengar ‘namanya juga anak-anak’.

Orang tua dengan gaya ini akan membiarkan anaknya melakukan apapun yang diinginkan dan hanya akan mengambil tindakan apabila terjadi suatu hal yang sangat serius.

Gaya parenting yang satu ini akan menumbuhkan kebiasaan buruk pada anak yang menjadi tidak disiplin dan menyebabkan masalah seperti nilai atau kesehatan.

4. Neglectful Parenting

Gaya parenting Neglectful Parenting adalah gaya yang acuh tak acuh merupakan gaya asuh yang sangat harus dihindari.

Orang tua yang menerapkan gaya asuh seperti seakan-akan tidak ingin berurusan, terlibat atau mengetahui urusan, perkembangan serta masalah yang dialami sang anak ini atau bisa dibilang cuek sangatlah tidak baik untuk anak.

Anak yang tidak mendapatkan perhatian dari orang tua juga hanya akan menyebabkan berbagai macam masalah seperti edukasi, kesehatan fisik bahkan mental.

5. Indulgent Parenting

Kebalikan dari Neglectful, gaya asuh yang satu ini sangat terlibat dengan segala hal mengenai anaknya, bahkan mereka juga menuruti permisif atas kemauan anaknya.

Walaupun hal ini bisa membantu kepercayaan diri seorang anak, namun hal ini bisa menimbulkan kebiasaan manja dalam sang anak dan akan kesulitan kedepannya tanpa bantuan dari orang tua.

Cara orang tua mengasuh anak adalah faktor yang penting untuk masa depan seorang anak. Orang tua berkewajiban untuk menyenangkan si buah hati serta mendidik mereka hingga tumbuh menjadi orang yang dewasa.