5 Tanda Bayi Mengalami Kelelahan

Tidak ada orang yang tidak pernah merasa lelah, karena itu adalah reaksi alami tubuh ketika terlalu banyak beraktivitas, sensasi seperti ini juga  dirasakan oleh bayi karena, seperti orang dewasa, mereka juga pernah mengalami saat-saat kelelahan. banyak alasan mengapa bayi mudah lelah, seperti kurang tidur, bertemu banyak orang, bepergian, kebisingan dan masih banyak lagi. Jadi, orang tua bisa mewaspadai beberapa tanda kelelahan pada bayi berikut ini, yang mungkin bisa menjadi cara untuk mengatasinya.

Rewel dan menangis keras

Hal pertama yang paling terlihat adalah reaksi pemarah yang dilakukan bayi ketika mereka lelah. Bayi tentu tidak merasa nyaman dan lelah secara bersamaan, sehingga  mudah gelisah, yang terkadang sulit diatasi. pilih-pilih makanan, bayi tentu saja akan  menangis juga. Namun, tangisannya sudah berakhir. Bayi sedikit berbeda dengan tanda lapar dimana bayi  menangis pelan, kemudian  nada tangisnya meninggi, dan akhirnya keluar sebagai auman. Hal ini menandakan bahwa  bayi  merasa lelah karena aktivitas tersebut.

Terus menerus menguap

Bayi tentu merasa tidak nyaman  mendengar bisikan atau bahkan melakukan aktivitas yang mempersingkat waktu tidurnya. Ini akan membuat bayi  merasa lelah dan mudah tertidur, meski tidur juga bisa membuat mereka tidak nyaman. Bayi bereaksi terhadap hal-hal seperti itu dengan terus-menerus menguap. Menguap adalah tanda bahwa bayi  lelah dan perlu tidur, tetapi tidak nyaman dengan kondisinya saat ini.

Melihat ke arah lain/memalingkan wajah

Ketika kita menyapanya untuk mengajaknya bermain, bayi yang berbaring di boksnya memalingkan muka atau memalingkan muka, si kecil tidak mau menghadap kita, jika demikian, jangan terus mengajaknya bermain. atau mengerjai buaian untuk beristirahat. Bahkan jika ayah/ibu  ingin menemaninya, nyanyikan lagu pengantar tidur sambil mengusap punggungnya dengan lembut.

Meregangkan punggung.

Hal ini juga sering dilakukan oleh orang dewasa saat mereka lelah. Jika si kecil meregangkan punggungnya saat digendong, segera letakkan di tempat tidur dan tepuk atau gosok dengan lembut untuk memberikan kesan rileks. Dengan meluruskan punggung  saat bayi tertidur, buatlah lingkungan kamar tidur senyaman mungkin agar bayi segera tertidur.

Berkeringat

Salah satu penyebab bayi mudah lelah adalah kurang tidur karena membuat mereka tidak nyaman. Banyak bayi yang merasa tidak nyaman karena kebisingan atau bahkan suhu yang tinggi dan tampaknya mempengaruhi kualitas tidur mereka. Hal-hal seperti ini akan memudahkan bayi. berkeringat terus-menerus Tentu saja orang tua harus peka ketika melihat bayinya berkeringat, karena pasti  merasa tidak nyaman. Segera cari ruangan yang lebih sejuk atau nyalakan AC agar  bayi  tidur  lebih nyaman, sehingga mengurangi rasa lelah.Jelas bahwa memahami bayi dari reaksi yang diberikannya tidak mudah, tetapi kelelahan  bayi  sering terjadi, sehingga orang tua perlu peka dalam memahaminya.