5 Tips Internetan Aman Untuk Anak, Orangtua Harus Tahu!

Memberikan gadget serta akses internet atau tidak ke anak adalah sebuah pilihan yang bisa para orangtua tentukan dan ambil. Untuk orangtua yang mengizinkan anak main internet, kalian tak perlu khawatir. Para orangtua saat ini juga bisa makin gampang menciptakan lingkngan internet aman untuk anak.

Sekarang, para orangtua juga punya lebih banyak pilihan untuk memfasilitas preferensi digital pada anak. Variasi fitur ini bisa memunculkan rasa aman saat anak sedang memainkan gadget. Apalagi, Kaspersky juga sudah meluaskan fitur pada versi terbaru Kaspersky Safe Kids.

Kaspersky sendiri adalah sebuah penyedia perlindungan yang menyeluruh terhadap berbagai ancaman keamanan siber, termasuk usaha spam, phising, hingga serangan jaringan. Pembaruan penting Kaspersky Safe Kids untuk orang tua ada di fitur pemantauan pada platform Youtube.

Saat ini laporan riwayat Youtube 1 akan memberikan unjuk video tertentu yang di tonton oleh anak – anak. Jadi orang dewasa bisa mengawasi preferensi serta hobi dari anak – anak mereka. Selain itu, update terbaru ini juga memberikan keleluasaan untuk orang dewasa mengenai perfilteran web serta fungsionalitas waktu layar.

Penambahan fitur itu memungkinkan para orangtua memantau berapa lama anak – anak mereka bisa memakai gadget. Adanya kecanggihan fitur ini tak akan bisa optimal tanpa langkah tambahan dari para orangtua. Lalu, bagaimana sih cara menciptakan internet yang sehat untuk anak? Yuk para orang tua baca tips – tips menciptakan internet sehat berikut ini.

1.Libatkan Diri ke Aktivitas Online Anak

Kehadiran langsung dari orang tua itu sendiri itu sangat penting loh. Libatkanlah diri kalian ke dalam aktivitas daring anak semenjak usia dini. Nantinya, hal ini akan membentuk norma dan kalian bisa bombing anak dalam praktik keamanan siber.

2.Luangkan Waktu Untuk Komunikasi Lebih Banyak

Salah satu kunci utama untuk menyukseskan tujuan ini adalah dengan berkomunikasi. Rutinlah melakukan komunikasi dengan anak – anak untuk berbicara mengenai langkah – langkah keamanan online. Cobalah lebih dulu untuk memperhatikan kebiasaan pada diri sendiri.

Kalian juga bisa evaluasi apakah kalian memakai pinsel cerdas saat makan atau ngobrol, kalian bisa lihat kecenderungan anak yang mengikuti kebiasan kalian. kalian bisa juga ukur lewat apakah anak beraksi dengan cara yang berbeda saat kalian menyimpan ponsel.

3.Diskusikan Mengenai Aplikasi Kontrol

Kalian juga harus mempertimbangkan untuk mendownload aplikasi control orangtua. Tak lupa juga kalian harus diskusikan topic ini bersama dengan anak kalian. jelaskan ke anak cara kerja aplikasi tersebut dan kenapa hal itu di perlukan supaya tetap aman saat menggunakan internet.

4.Jadikan Keamanan Siber Jadi Topik Menarik

Topic seperti ini tidak jarang membuat anak bosan karena tidak menarik. Itulah kenapa, jadikanlah pembicaraan mengenai keamanan siber jadi lebih menyenangkan dan menarik. Kalian bisa diskusikan topic ini bersama anak kalian lewat permainan serta format hiburan lainnya.

5.Ajarkan Pengaturan Privasi

Buatlah anak awas serta waspada dengan pengaturan privasi mereka. Mintalah mereka untuk tak menyetujui pengaturan privasi apapun. Sebagai gantinya, ajarkan mereka untuk selalu minta bantuan kalian saat mau menyetujui kebijakan privasi. Kalian sebagai orang tua harus biasakan diri untuk membaca semua perjanjiian privasi secara detail.

Itulah beberapa tips menciptakan lingkungan internet yang baik dan sehat untuk anak. Untuk para orang tua, segera praktikkan hal di atas ya. Semoga bermanfaat.