5 Tips Mendidik Anak di Era Digital yang Bisa Dilakukan

Sebagian orang tua merasa bahwa kecanggihan teknologi dapat berdampak buruk bagi anak. Nyatanya, kecanggihan teknologi tidak bisa dihindari, bahkan gadget bisa bermanfaat bagi anak-anak. Namun, orang tua dapat mengasuh dan mendidik anak secara tepat waktu dan sesuai zaman, seperti halnya di dunia digital saat ini. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan orang tua untuk mendidik anaknya di era kecanggihan teknologi.

Membuat aturan penggunaan Gadget

Pentingnya menetapkan aturan  penggunaan gadget dan internet di rumah untuk mendidik anak di era digital, bisa disesuaikan dengan kebiasaan dan gaya serta pola asuh yang biasanya tidak bisa digunakan anak saat makan, sebelum bermain internet. sebelum tidur dan bertemu dengan keluarga. Sebaliknya, anak-anak dapat bermain dengan gadget ketika mereka selesai makan siang atau bermain di luar. Menetapkan aturan ini akan membuat anak lebih disiplin saat bermain.

Mengatur batasan screen time

Screen time adalah waktu yang dihabiskan untuk melihat layar seperti televisi, ponsel, atau  video game. Berapa batasan anak-anak untuk menatap atau menatap layar perangkat elektronik? Dikutip dari website Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Screen time untuk anak  di atas 2 tahun sebaiknya tidak lebih dari 2 jam sehari, karena semakin lama anak melihat layar, semakin besar kemungkinan anak akan sakit tidak sesuai untuk usianya.

Dampingi saat anak bermain gadget

Membesarkan anak di era digital memang penuh tantangan. Anda bisa mencoba untuk tetap menemani anak saat mereka sibuk bermain gadget. Hal ini penting  untuk mencegah anak menerima program dan informasi yang tidak sesuai dengan usianya. Akan lebih baik jika anak-anak menonton atau bermain video atau game di ruang terbuka, ruang tamu. Hal ini memudahkan orang tua untuk mengontrol apa yang dilihat anak-anaknya.Hindari membiarkan anak-anak bermain dengan perangkat di kamar mereka sendiri karena Anda akan kesulitan untuk melacak acara anak Anda.

Pantau aktivitas anak di dunia maya

Ada beberapa cara  mendidik anak agar tetap aman di era digital  saat ini. Salah satunya  memantau aktivitas anak di dunia maya. Mereka dapat melihat riwayat penelusuran video yang mereka tonton, apakah  sesuai usia atau tidak. Anda harus memblokir alamat situs web yang mengandung kekerasan. Jika anak Anda sudah bermain di jejaring sosial, periksa daftar teman di akun Anda.Lihat juga isi kolom komentar di unggahan akun media sosial anak. Akan lebih baik jika Anda mendaftarkan akun anak Anda di  ponsel Anda, yang memudahkan untuk melacak aktivitas media sosial mereka.

Berkomunikasi dengan anak

Sebelum memberikan perangkat kepada seorang anak, Anda harus menjelaskan secara rinci situs web dan program mana yang dapat dan tidak dapat dilihatnya. Jika anak dapat bermain di media sosial, ajari mereka untuk memberi tahu orang tua atau guru mereka jika mereka menerima ancaman atau pelecehan. Melalui kolom komentar, hal ini penting  mengingat saat ini  banyak terjadi kasus cyberbullying di kalangan anak-anak dan remaja.

Dunia digital tidak hanya berdampak negatif bagi kesehatan mental anak karena masih banyak manfaat di baliknya, namun bukan berarti orang tua harus menyerah karena anak bisa menjadi kecanduan gawai jika dibiarkan begitu saja. Pasangan Anda harus bekerja sama untuk memantau setiap aktivitas anak di dunia maya agar mereka tetap sesuai usia.