5 Tips Mudik Nyaman Bareng Balita Walau Naik Transportasi Umum

Musim mudik saat ini sudah di mulai da nada banyak orang yang mungkin sudah mulai melakukan perjalanan ke kampong halaman mereka atau bahkan baru menyiapkannya. Untuk para pemudik individual atau berpergian sendiri mungkin cukup gampang di lakukan tanpa perlu mengkhawatirkan ini itu.

Namun, bagaimana dengan orangtua yang punya anak kecil atau balita? Pasti butuh persiapan khusus supaya mudik bisa tetap nyaman dan aman hingga sampai ke tempat tujuan. Namun, sebelum kalian mudik, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dahulu.

Lalu, apa saja sih hal – hal yang harus kita perhatikan tersebut? Yuk coba simak di bawah ini.

1.Bawa Keperluan Si Kecil

Catatlah dengan baik apa saja kebutuhan balita sesuai dengan umur mereka. Contohnya dengan menyiapkan popok, gendongan, selimut, susu, makanan favorit, tisu basah, air minum yang cukup, air panas, mainan kesukaan mereka, dan lain – lain.

Pastikan juga kalian menyiapkan apapun yang bisa membuat anak jadi merasa nyaman selama mereka melakukan perjalanan mudik tersebut bersama kalian.

2.Perhatikan Kebiasaan di Kecil

Sebelum pergi, kalian harus tahu dulu bagaimana kebiasaan dari anak kalian dalam kesehariannya. Contohnya, apakah ia adalah tipe anak yang cukup tenang atau malah ia adalah anak yang kelewat aktif dan ceria.

Apa yang akan ia butuhkan saat sedang di ajak berpergian ke suatu tempat lalu bagaimana dengan jam tidur yang biasanya ia lakukan. Kalau kalian sudah tahu bagaimana kebiasaan anak kalian, maka kalian bisa mulai menyesuaikan jadwal keberangkatan mudik dengan menggunakan kebiasaan itu.

3.Mudik Saat Si Kecil Tidur

Sangat penting untuk memulai perjalanan mudik di saat sang anak sedang tertidur karena hal itu akan membantunya supaya tetap tenang selama berada di perjalanan. Apalagi kalau melakukan perjalanan jauh.

Kalau anak merasa kurang tidur atau kalian mengajak mereka berangkat dalam keadaan terjaga, maka kemungkinan besar ia akan merasa tidak familiar dengan situasi yang ada saat itu sehingga membuat mereka jadi rewel.

4.Pilih Sarana Transportasi Yang Tepat

Usahakan kalian memilih sarana transportasi yang bisa memberikan si kecil kenyamanan maksimal. Contohnya yang tak banyak goncangan, ruangannya luas atau waktu perjalanannya relative singkat daripada memakai kendaraan lain, tempat duduknya empuk, dan lain – lain.

Buatlah anggaran yang cukup dari jauh – jauh hari supaya kalian bisa memberikan pengalaman mudik yang lebih nyaman kepada mereka. Kalau mereka nyaman, maka otomatis mereka tidak akan rewel dan akan tenang selama perjalanan.

5.Latihan Berpergian

Sebelum kalian mudik atau merencanakan mudik, sebaiknya sejak jauh jauh hari kalian sudah mengajak mereka berpergian dengan menggunakan kendaraan. Entah itu kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Sebisa mungkin latihlah mereka dengan kendaraan yang akan kalian pakai nantinya saat mudik.  

Kalau misalnya di kecil masih belum terbiasa naik kendaraan umum, maka aka nada kemungkinan kalau ia akan merasa tidak nyaman. Tapi kalau mereka sudah mulai terlatih, maka kalian akan tahu bagaimana cara untuk mengatasi hal – hal yang tidak menyenangkan yang kemungkinan bisa terjadi.

Itulah beberapa tips mudik yang nyaman bersama dengan balita untuk kalian yang merencanakan mudik bersama anak – anak kalian. sebisa mungkin, buatlah mereka nyaman supaya selama perjalanan mereka tetap tenang dan tidak menangis mengganggu orang lain. Semoga bermanfaat.